Dugaan-dugaan Awal Semburan Lumpur di Desa Cipanas Dukupuntang

Dugaan-dugaan Awal Semburan Lumpur di Desa Cipanas Dukupuntang

CIREBON – Cabang Dinas ESDM Wilayah 7 Jawa Barat dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon melakukan pengambilan sampel di lokasi semburan lumpur Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Petugas dari ESDM Jawa Bawat melakukan pengambilan sampel batuan, air dan pengukuran suhu. Selanjutnya akan dilakukan penelitian.

Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya mengungkapkan, berdasarkan informasi dari pemerintah desa, semburan tersebut memang sudah lama.

Namun, tempatnya selalu berpindah-pindah. “Di lokasi tercium bau menyengat. Apakah berkaitan dengan aktivitas gunung berapi atau lainnya, ini masih harus diteliti,” kata Deni, kepada radarcirebon.com, Rabu (2/6/2021).

Terkait kemungkinan gas alam, Deni tidak melihat kemungkinan itu. Sebab, kawasan tersebut bukan daerah sedimen, tetapi aktivitas vulkanik.

“Kalau potensi panas bumi mungkin saja, ya tapi perlu ditindaklanjuti,” ucap Deni, saat ditemu di lokasi semburan lumpur.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag TU Cabang Dinas ESDM Wilayah 7 Jawa Barat, Arif Budiman mengungkapkan, akan dilakukan identifikasi, terutama unsur kimia.

“Sampel yang diambil baik tanah maupun air. Dilakukan pengukuran suhu, apakah berasal dari lingkungan atau sumber lainnya,” katanya.

Diungkapkan dia, semburan ini memang sudah lama. Dulunya hanya uap, air biasanya muncul setelah hujan.

“Tahun 2014 di sini pernah ada penelitian panas bumi. Perlu disinkronkan, kenapa tidak diteruskan,” ungkapnya.

Karenanya, pihaknya akan melakukan pengumpulan data dan penelitian terlebih dahulu. “Setelah data terkumpul, nanti akan diinformasikan,” katanya. (rdh)

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: